Pages

Thursday, August 1, 2013

Layar atau Angin yang menentukan arah tujuan ?

Pernah mengamati perahu layar yang berlayar di laut ? Mana yang lebih menentukan arah perahu layar tersebut, arah angin atau arah layar ? Tentu saja arah layar. Buktinya, ada angin kencang bertiup dari arah selatan tetapi tetap saja perahu tersebut bisa bergerak ke arah Barat atau Timur. Bahkan, pelaut yang berpengalaman bisa berlayar ke arah yang bertentangan dengan arah angin itu. Pelaut tersebut memang tidak bisa mengubah arah angin tetapi dia bisa mengubah arah layarnya menuju tempat yang dikehendakinya.

Yang menentukan tercapai tidaknya tujuan hidup kita bukanlah arah angin yaitu situasi dan kondisi yang terjadi disekeliling kita. Yang menentukan arah layar yaitu keputusan kita dalam merespon situasi dan kondisi tersebut.

Kadang kita dihadapkan situasi dan kondisi yang bertentangan dengan tujuan kita. Masalah,tekanan hidup dan situasi disekeliling, bisa menjauhkan kita dari tujuan yang ingin dicapai. 

Namun ingat,...Hidup adalah pilihan... !  “Arah Layar yang menentukan!... Bukan Arah Angin”.

Kita tidak bisa menolak datangnya masalah. Meski demikian, kita bisa mengubah arah layar. Kita bisa mengubah masalah menjadi berkat.

"Ke mana arah angin tidak terlalu penting. Yang terpenting adalah bagaimana mengarahkan layar kita".

No comments:

Post a Comment