Pages

Monday, November 5, 2012

Glenn berlari saat semua orang berjalan

Glenn Cunningham berumur delapan tahun ketika ia mengalami kecelakaan. Ia dan kakaknya Floyd sedang menyalakan tungku pemanas sekolah ketika tiba-tiba tungku tersebut meledak dan menewaskan Floyd.

Glenn sedang berada di pintu sehingga ia selamat, tapi ketika menyadari bahwa Floyd masih di dalam, Glenn berlari masuk untuk menyelamatkannya. Ia gagal, bahkan kedua kakinya terbakar hebat. Kedua kakinya menjadi lumpuh dan tidak bisa merasakan apa pun.

Dokter menyarankan agar kedua kakinya diamputasi, tapi sambil menangis Glenn memohon agar kakinya tidak dipotong.
Orang tuanya tidak tega dan menuruti keinginannya sehingga kakinya selamat dari amputasi. Dalam hatinya, Glenn bertekad suatu saat ia akan dapat berjalan lagi.

Kedua kaki Glenn bengkok dan semua jari kaki kirinya hilang. Setelah perban dibuka, kedua orang tuanya bergiliran mengurut kakinya setiap hari meskipun hampir tak ada perubahan. Tapi beberapa bulan kemudian Glenn mencoba berdiri dan berjalan dengan dibantu oleh ayahnya.

Kakinya tetap diurut setiap hari dan kemudian Glenn Cunningham, yang tadinya kata dokter 'tidak mungkin dapat berjalan lagi', kini bisa berjalan. Glenn masih merasa kakinya lemah sehingga ia ingin menguatkan kakinya. Ia mulai berlari pada setiap kesempatan.

Ia berlari ke sekolah, ia berlari ketika mengikuti paduan suara, ia berlari ke toko daging, ia berlari di lapangan, ia berlari mencari kayu bakar dan berlari pulang dengan kedua tangan penuh kayu. Ia tidak pernah berjalan apabila ia bisa berlari.

Lima tahun kemudian, ketika berumur 13 tahun, ia memenangkan gelar juara lari di Morton County Fair. Sejak itu ia semakin sering mengikuti kejuaraan lari dan selalu berhasil menjadi pemenang. Glenn Cunningham menjadi juara lari bukan karena kakinya kuat, bahkan kaki itu pernah hampir dibuang.

Glenn menjadi juara karena ia berlari pada saat semua orang berjalan.
(August 4, 1909 – March 10, 1988)
Glenn memenangkan Penghargaan Sullivan 1933 untuk keberhasilannya dalam memenangkan beberapa perlombaan lari jarak menengah.

Olimpiade 1932, Urutan ke 4 Lari 1500m
Olimpiade 1936 Berlin, Urutan ke 2 Lari 1500m (medali perak)

Tahun1934, Glenn mencatatkan namanya pada record Dunia untuk Lari 1 Mil, 4 Jam 6 Menit dan 8 Detik yang bertahan selama 3 tahun.
Tahun 1936, Glenn kembali mencatatkan namanya pada rekor dunia Lari 800m.
Tahun 1938, Glenn mencatatkan rekor dunia pada Lari 1 mil indoor, 4 jam 4 menit dan 4 detik. Kemudian Glenn pensiun. Rekor ini baru bisa dipecahkan kembali oleh Roger Bannister pada tahun 1954.

No comments:

Post a Comment