Pages

Monday, November 5, 2012

Angsa Putih

ANGSA PUTIH
Hanya seekor angsa putih yang berenang di sebuah kolam sendirian. Dia sendiri bukan karena tidak ada
angsa lain di kolam itu, melainkan dia merasakan satu keindahan dari sendiri itu. Angsa putih tak seistimewa angsa bermahkota, ataupun angsa yang berbulu emas, namun dia tetap menyukai dirinya sendiri sebagai "angsa putih".

Angsa bermahkota pernah mencoba bertanya, "Putih...apa kamu tidak kesepian selalu menyendiri?" dgn senyum Angsa putih menjawab "Tidak, ada banyak yg bisa dikatakan sepi padaku, hanya dengan sendiri aku bisa mendengarkan suara-suara bijak lebih jelas, hanya dalam sepi aku bisa lebih jelas mendengarkan suara-suara merdu yang bisa membuatku ikut bernyanyi".
Angsa berbulu emas juga pernah bertanya "Apa kamu bisa menikmati hidup kamu yang sebentar ini dengan cara begini terus?" Angsa Putih menjawab dengan yakin

"Aku bisa menikmati tiap detik waktuku disini, karena aku melihat semua yang ada disini dari sisi terang".

Angsa berbulu emas mencibir "Kamu bohong!"

Angsa Putih menggelengkan kepalanya

"Kalau aku tidak bisa menikmati tiap detik waktuku disini, aku tidak akan bertahan dengan cara seperti  ini, aku tidak akan bisa bicara seperti ini. Aku  akan terus berenang mengikuti arus, karena aku tahu,  tidak ada gunanya menentang arus. Tidak akan membawa  perubahan."

Angsa bermahkota menggeleng-gelengkan kepalanya,  lalu berkata "Angsa putih kenapa aku tidak pernah merasakan apa  yang kamu rasakan? Aku tidak bisa hidup sepertimu"

Angsa putih segera menjawabnya "Karena kita memang memiliki jalan yang berbeda,  kamu tidak harus seperti aku, dan aku juga tidak  harus seperti kamu. Kamu jadilah diri kamu dengan  baik, begitupun dengan aku".

"Tapi kenapa Angsa Putih?" potong Angsa berbulu emas "Ikhlas.." jawab Angsa Putih,

"Aku tidak mengerti" sahut Angsa bermahkota "Ikhlas dengan yg terjadi pada diri kita. Jika badai  datang biarlah datang, yang harus kita lakukan hanya  mempersiapkan diri menghadapi badai itu".

"IKHLAS?" ulang Angsa bermahkota dan Angsa berbulu emas bersamaan dengan intonasi ditekan.

 Angsa Putih mengangguk, "Ikhlas" ulangnya.

 Sedikit dari kita yang belajar dari kata "IKHLAS"dalam menghadapi kerasnya hidup ini.

No comments:

Post a Comment