Pages

Wednesday, October 10, 2012

Fight the Fear not "Flight" the Fear

Tips Mengatasi Rasa Takut (FEAR)

Rasa takut akan membuat kita tidak bisa beranjak kemana-mana, takut meyakinkan kita tidak akan pernah bisa menggapai mimpi, membuat kita berdiam dan memisahkan kita dari orang yang dicintai.
Rasa takut akan membelenggu kemampuan mengembangkan diri dan membatasi apa yang ingin kita coba.
Intinya rasa takut membuat kehidupan kita semakin sempit. Takut bukan hal yang jelek, dalam beberapa kasus takut muncul bagi perlindungan kita sebagai tanda peringatan awal.
Tetapi ada perbedaan besar antara takut yang sehat yang dapat membuat kita terhindar dari ujung jurang dan takut yang berlebihan (ketakutan) yang menjauhkan kita dari kehidupan ini.

Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi rasa takut:

- Berhubungan dengan orang
Semua rasa takut, bagaimanapun besar atau kecil akan buruk ketika kita menghadapinya sendiri.
Cari teman baik untuk berbagi ketakutan dengannya. Kita cenderung bertahan mengakui rasa takut karena kita khawatir orang lain mengecilkan kita.
Cari seseorang yang anda percaya dan bagilah apa yang menggagu anda. Mereka akan mampu membantu anda melihat apa yang anda takutkan dan mendorong mengambil langkah untuk menghadapinya.
Ingatlah anda tidak sendirian hidup di dunia ini, banyak orang yang bisa mendampingi anda.

- Belajar teknik relaksasi
Takut dapat berakibat pada masalah kesehatan secara serius. Jika rasa takut sudah mulai berpengaruh pada kesehatan, pelajari beberapa teknik relaksasi yang dapat membantu anda siap menghadapi tantangan di depan.

- Kembangkan kehidupan spiritual
Keyakinan pada Tuhan secara konsisten dalam setiap kesempatan adalah suatu yang baik. Ini akan memberikan kita selalu rasa aman dan nyaman dan yang lebih penting memberikan kita alasan untuk berharap.

- Hadapi rasa takut tersebut

Langkah terakhir sebenarnya adalah menghadapi rasa takut itu sendiri.
Ini adalah suatu proses yang panjang, apalagi jika anda terbiasa untuk lari menghindari rasa takut (flight) dibanding menghadapinya (fight).
Namun jika sekali saja anda berani menghadapi rasa takut.
Badai yang datangpun tidak dapat membuat anda ketakutan.

sumber : milis

No comments:

Post a Comment