Pages

Thursday, March 19, 2009

NILAI SEBUAH PENSIL (dialek Papua)

Ada cucu 1 de tanya sama de pu nene. "Nene ada tulis tentang kitorang yah? ato pasti tentang saya?". Nene dengar de pu cucu pu pertanyaan, langsung nene stop tulis trus bilang begini : "Sebenarnya nene ada tulis tentang cucu ko, tapi ada yang lebih penting dari isi tulisan ini, yaitu pensil yang nene pake tulis ini!!!".
"Nene harap nanti ko jadi seperti pensil ini klo ko besar nanti" ujar nene lagi.
Dengar nene pu jawaban, cucu lihat pencil trus tanya lagi sama nene. karena cucu de lihat trada yg istimewa dari pensil yang nene pake tulis itu. "Tapi nene sepertinya pensil itu sama saja deng pensil yang lain." Ujar si cucu. Trus nene jawab, "Itu semua tergantung bagaimana ko pu cara lihat pensil ini." "Pensil ini punya 5 kualitas yang bisa buat cucu ko selalu tenang dalam menjalani hidup, kalau cucu ko selalu pegang prinsip-prinsip itu di dalam hidup ini."
Nene kemudian menjelaskan 5 kualitas dari sebuah pensil.
"Kualitas pertama, pensil mengingatkan cucu kalo cucu bisa berbuat hal yang hebat dalam cucu pu hidupi. Layaknya sebuah pensil ketika menulis, cucu jang pernah lupa kalau ada tangan yang selalu membimbing langkah cucu dalam hidup ini. Kitong bilang tangan Tuhan, Dia akan selalu membimbing torang menurut kehendak-Nya".
"Kualitas kedua, dalam proses menulis, nene kadang beberapa kali harus berhenti dan pake rautan untuk kas tajam nene pu pensil lagi. Rautan ini pasti bikin si pensil de sakit. Tapi habis kas tajam pensil dia, si pensil pasti dapat de pu ketejaman kembali. Begitu juga deng ko, dalam ko pu hidup ini ko harus berani trima penderitaan dan kesusahan, karena penderitaan dan kesusahan-itulahlah yang akan bikin ko jadi orang yang lebih baik".
"Kualitas ketiga, pensil selalu memberikan kitong kesempatan untuk mempergunakan penghapus, untuk memperbaiki kata-kata yang tong salah tulis. Oleh karena itu memperbaiki tong pu kesalahan dalam hidup ini, bukanlah hal yang jelek. Itu bisa membantu kitong untuk tetap berada pada jalan yang benar".
"Kualitas keempat, bagian yang paling penting dari sebuah pensil bukanlah bagian luarnya, tapi arang yang ada di dalam sebuah pensil. Oleh sebab itu, cucu harus selalu hati-hati dan menyadari hal-hal yang ada dalam cucu pu diri".
"Kualitas kelima, adalah sebuah pensil selalu meninggalkan tanda/goresan. seperti juga cucu, cucu harus sadar kalau apapun yang cucu perbuat dalam cucu pu hidup, akan meninggalkan kesan. Oleh karena itu cucu harus selalu hati-hati dan sadar terhadap semua tindakan".
(by Paulo Coelho)

No comments:

Post a Comment