Pages

Monday, July 29, 2013

Belajar dari 5 Jari (Filosofi 5 Jari)

Temans, dalam hidup kita banyak sekali hal-hal kecil yang terkadang kita tidak sadari bahwa hal kecil tersebut memberikan arti yang sangat baik bagi kita. Sebagai contoh kelima jari kita. 

Kadang kita tidak sadar bahwa kelima jari kita memberikan contoh yang sangat baik bagi kita. Apa saja contoh yang diberikan kelima jari kita kepada kita setiap hari ?

1. Ibu Jari atau sering kita sebut dengan Jempol
Jempol mewakili aktivitas kita yang ber-POTENSI, kita semua sering atau bahkan selalu memberikan Jempol kita sebagai tanda untuk menilai suatu kelebihan, kebaikan, kecakapan, atau hal-hal lain yang kita anggap pantas untuk diberikan jempol. Contohnya pada status-status kita sendiri atau orang lain di Social Networking. 
Ibu Jari atau Jempol ini mengingatkan kita betapa pentingnya mengembangkan potensi diri yang ada dalam diri kita. Kita harus terus memperbaiki dan mengembangkan diri sehingga kita memiliki potensi yang bermanfaat bagi sesama dan pantas untuk diacungi Jempol. (y)

2. Jari Telunjuk
Jari ini menunjukan ARAH, saat kita menanyakan suatu tempat kepada orang lain atau memberikan petunjuk arak kepada orang lain jari telunjuk-lah yang dipakai sebagai sign direction. Telunjuk seharusnya kita jadikan contoh dalam hidup kita bahwa sebagai manusia yang hidup kita harus memiliki Arah/Tujuan, Visi/Pandangan & Misi/Sasaran yang akan dicapai.

3. Jari Tengah
Jari tengah ini merupakan jari yang berada di tengah dan memiliki tugas untuk menyeimbangkan kedua jari yang berada di sebelah kanan dan kirinya. Jari tengah mengajarkjan kita untuk selalu menjaga keseimbangan dalam hidup. Keseimbangan antara Jasmani, Rohani dan Akal Budi. Keseimbangan antara makanan, minuman, dan udara. Keseimbangan antara tugas kita sebagai Anak, Suami/Istri, Orang Tua, Karyawan/Pekerja, Atasan, Bawahan dan sebagai manusia. Keseimbangan antara belajar dan beramal.

4. Jari Manis
Kenapa namanya jari manis ? ada yang tau ? saya pun belum jelas kenapa namanya jari manis, tapi Jari ini yang digunakan untuk memasangkan simbol sebuah RELASI atau hubungan seperti pernikahan. Jari ini mengajarkan kita untuk selalu menjaga hubungan baik dengan semua orang yang kita kenal.

5. Jari Kelingking
Dari semua jari tangan kita, inilah jari yang paling kecil ukurannya. Kadang-kadang kita lupa akan jari ini atau kita abaikan keberadaannya. Kalau mau jujur, berapa kali dalam sehari jari kelingking kita digunakan untuk beraktivitas? untuk apa saja jari kelingking kita gunakan ?
Jari ini mengajarkan kita untuk selalu berhati-hati terhadap apa saja, terutama hal-hal kecil yang terkadang kita anggap remeh. Karena hal kecil bisa menjadi besar saat kita tidak berhati-hati.

Dengan mengepalkan kelima jari tangan kita, semua ajaran yang baik dari kelima jari ini bisa bersinergy.

Semoga kita bisa mendapatkan hal baik dari apa saja yang ada disekitar kita.

Depok, 29 Juli 2013.
Amatus V. Sabubun

No comments:

Post a Comment